Social Icons

Sunday, August 17, 2014

Julang Emas

 Berkas:Wreathed Hornbill (Rhyticeros undulatus) in TMII Birdpark.jpg

Julang emas, Wreathed Hornbill. Rhyticeros undulatus Shaw, 1811

Julang emas (bahasa Latin: Aceros undulatus) adalah spesies burung dari keluarga Bucerotidae, dari genus Aceros. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah-buahan, Ficus, kepiting, kodok yang memiliki habitat di hutan dataran rendah, perbukitan. tersebar sampai ketinggian 2.000 m dpl.

Pengenalan



Berukuran besar (100 cm), berekor putih. Kedua jenis kelamin: punggung, sayap, dan perut hitam. Jantan: kepala krem, bulu halus kemerahan bergantung dari tengkuk, kantung leher kuning tidak berbulu dengan setrip hitam khas. Betina: kepala dan leher hitam, kantung leher biru. Iris merah, paruh kuning dengan tanduk kecul kerenyut, kaki hitam


Suara

Salakan ganda seperti anjing “ku-guk” diulang-ulang, pendek, parau.


Penyebaran dan ras

India timur, Cina barat daya, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali.

Tempat hidup dan Kebiasaan



Di Kalimantan dan Sumatera, cukup umum di hutan dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 2000 m. Di Jawa dan Bali, hanya terdapat di beberapa tempat. Terbang berpasangan atau dalam kelompok kecil 5-8 individu di atas hutan, dengan kepakan sayap yang berat sambil mencari pohon buah-buahan. Sering berbaur dengan rangkong lain di tajuk atas pohon yang berbuah. Ketika terbang, kepakaan sayapnya mengeluarkan suara yang keras dan tajam. Lebih jarang bermanuver meluncur ketika terbang dibanding julang yang lain. 

Perkembangbiakan

Berbiak di lubang pohon yang besar dan tinggi, lubang masuk sarang ditutup oleh betina menggunakan kotoran dan sisa makanan. Jumlah telur 2 butir, tetapi biasanya hanya satu anak yang selamat sampai dewasa.

Galeri

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates