Social Icons

Wednesday, August 13, 2014

Burung-madu Pengantin

Burung-madu Pengantin, Kep. Maratua, Kalimantan Timur. Purple-throated Sunbirds
Leptocoma sperata (Linnaeus, 1766), Sinonim: Nectarinia sperata
Badan

Berukuran kecil (10 cm), berwarna gelap. Jantan : tubuh bagian atas kebiruan tua mengkilap, topi hijau mengkilap, tenggorokan ungu mengkilap, dada merah buram. Perbedaannya dengan Burung-Madu mangrove : dada merah, tubuh lebih kecil. Betina : tubuh bagian atas berwarna zaitun, tubuh bagian bawah kuning. Mirip betina burung madu lain, tetapi lebih buram.
Iris coklat, paruh dan hitam.

Suara
Kerikan tajam metalik “si-si-si”, kadang-kadang “whiip” atau siulan nada ganda dengan nada pertama meninggi dan nada kedua menurun.
Penyebarab dan Ras

India timur laut, Asia tenggara, Filipina, Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Nusa Tenggara dan Sulawesi.
Terdiri dari 9 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
  • brasiliana (J. F. Gmelin, 1788) – India timur-laut (Assam, Tripura, Manipur), Bangladesh, Myanmar Barat, Thailand selatan, Semenanjung Malaysia dan Sumatra (termasuk kepulauan di bagian barat, kecuali Simeulue), serta di Jawa Barat dan Kalimantan.
  • emmae Delacour & Jabouille, 1928 – Kamboja, Laos dan  Vietnam bagian selatan.
  • mecynorhyncha (Oberholser, 1912) – P. Simeulue (di barat Sumatera).
  • eumecis (Oberholser, 1917) – Kep. Anamba, di timur  Malaysia.
  • axantha (Oberholser, 1932) – Kep Natuna utara.
  • henkei (A. B. Meyer, 1884) – Calayan, Babuyon Claro, Fuga dan Camiguin Norte, serta pegunungan tengah dan utara Luzon, di Filipina utara.
  • sperata (Linnaeus, 1766) – Filipina utara (Luzon tengah & selatan, Polillo, Marinduque dan Cantanduanes).
  • trochilus (Salomonsen, 1953) – Filipina barat, tengah & selatan (Lubang, Mindoro, Busuanga, Culion, Tablas, Romblon, Sibuyan, Masbate, Ticao, Palawan, Dadagican, Ursula, Balabac, Panay, Guimaras, Biliran, Leyte, Samar, Basiao, Calicoan, Negros, Cebu, Bohol, Siquijor, Camiguin Sur, Dinagat, Nipa, Siargao, Bucas Grande, Mindanao timur, Talicud, Pujada, Balut); juga di Kep. Maratua di timur Kalimantan.
  • juliae (Tweeddale, 1877) – Mindanao barat & tengah serta Gugus Kepulauan Sulu (Malanipa, Malamaui, Basilan, Tonquil, Jolo, Siasi, Tawi-Tawi, Sanga Sanga, Bongao, Simunul, Sibutu), di Filipina selatan.
Kebiasaan

Lebih menyukai pinggir hutan, tempat terbuka dan habitat pinggiran lain, termasuk perkebunan karet. Biasanya hidup sendirian atau berpasangan. Kadang-kadang terlihat di hutan dataran rendah, hutan pantai, dan hutan mangrove di Sumatera (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya), Kalimantan (termasuk pulau-pulau kecil disekitarnya), dan Jawa, sampai ketinggian 200 m, lebih tinggi di beberapa tempat di Kalimantan. Di Bali tidak tercatat. Memakan biji-biji kecil, nektar, buah-buahan, serangga, laba-laba
Telur 2 butir berwarna coklat yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung menggantung terbuat dari akar dan serat diikat pada sarang laba-laba, tidak jauh dari permukaan tanah. Berbiak dalam bulan Januari dan Maret-Mei.

Galeri

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates