Social Icons

Friday, August 15, 2014

Enggang Jambul

Enggang jambul (Berenicornis comatus) adalah spesies burung rangkong. Burung ini tersebar pada wilayah Myanmar dan Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Akhir-akhir ini juga tercatat di Kamboja barat-daya.


Pengenalan

Berukuran ini berukurran sekitar 85 cm, tubuh berwarna hitam dan putih. Enggang putih mempunyai ekor panjang, mahkota berbulu halus. Baik jantan maupun betina memiliki mahkota, ekor, dan pinggiran belakang sayap putih. Tenggorokan dan leher putih (jantan) atau hitam (betina). Iris mata berwarna kuning, paruh abu-abu sedangkan kaki berwarna hitam.
Tempat hidup dan Kebiasaan

Burung hutan yang terdapat di beberapa tempat di perbukitan dibawah ketinggian 900 mdpl, di 2/3 bagian utara Sumatera dan 1/2 bagian utara Kalimantan. Menghuni tajuk tengah dan tajuk bawah hutan. Memakan serangga, ular, kadal dan burung kecil, kadang juga memakan buah-buahan. Burung yang tidak mencolok, mencari makan di hutan yang rapat. Berbiak secara kooperatif, dimana betina yang dominan dapat dibantu oleh 2-7 individu burung selama perkembangbiakan dan perawatan anak.

Galeri


Sumber : http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates