Social Icons

Tuesday, August 12, 2014

Merbah Gunung

Merbah Gunung, Flavescent Bulbul. Pycnonotus flavescens (Blyth, 1845)

Badan

Sedang (20 cm.), berwarna hijau-zaitun dengan tunggir kuning terang. Kekang, wajah, dan tenggorokan putih, dada keabu-abuan bercoret. Mempunyai jambul lebat yang pendek. Burung remaja mempunyai kekang yang lebih buram. Iris coklat; paruh hitam; kaki abu-abu. Ras Kalimantan (P. f. leucops ()) berwarna lebih pucat dengan kekang putih.

Suara

Kicauan pendek terdiri dari lima nada dan kicauan yang sangat parau.
 
Persebaran dan ras

India timur laut, Cina barat daya, Kalimantan, dan Asia Tenggara (kecuali semenanjung Malaysia). Lebih umum di Pulau Kalimantan bagian Utara (wilayah Malaysia), meliputi G.Kinabalu sampai Murud, Mulu, dan hulu Bahau. 

Terdiri atas 4 sub-spesies dengan daerah persebaran:
  • flavescens Blyth, 1845 – India bagian timur-laut (Assam, Meghalaya, Nagaland, Bukit Lushai, juga di Arunachal), Bangladeshbagian timur-laut dan Myanmar (termasuk Perbukitan Arakan).
  • vividus (Stuart Baker, 1917) – China Selatan (Yunnan), Myanmar utara & timur, Thailand barat-laut (sampai TN Kaeng Krachan), Laos dan Vietnam bagian utara.
  • sordidus (Robinson & Kloss, 1919) – Laos dan Vietnam selatan (termasuk Da Lat plateau).
  • leucops (Sharpe, 1888) – Kalimantan bagian utara (Gn Kinabalu, Gn Mulu, Gn Murud, dan Gn Lunjut).
Tempat hidup dan Kebiasaan

Hidup berkelompok di hutan-hutan terbuka, pinggir hutan, dan tumbuhan sekunder pada rentang ketinggian antara 2000 – 3000 mdpl.

Galeri



Sumber : http://www.kutilang.or.id

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates