Social Icons

Thursday, August 7, 2014

Punai Besar


Large Green Pigeon. Treron capellei (Temminck, 1823)

Badan

Besar (36cm). Dada jingga, punggung hijau keabu-abuan, sayap abu-abu tua dengan tepi kuning sempit pada bagian penutup. Tubuh bagian bawah hijau pucat dengan garis jingga kekuningan yang jelas di dada (kurang jelas pada betina), ekor hijau pucat dengan garis kehitaman terputus dan ujung putih yang tersembunyi oleh bulu-bulu hijau pada bagian tengah, sisi perut dan pantat bertepi putih, bulu penutup ekor bawah coklat tua. Iris coklat, paruh hijau pucat, kaki kuning.

Suara

Seperti rangkong atau angsa, menderuk dalam,”ku”. Saat makan terdengar suara cegukan dan berparut,”kak-kak kak, kwok-kwok-kwok”
Penyebaran

Semenanjung Malaysia, Sumatera (dan pulau-pulau satelitnya: Nias, Telo, Siberut, dan Lingga), Jawa (sangat jarang, hanya ada satu catatan perjumpaan), dan Kalimantan.

Catatan: Beberapa ahli membedakan jenis ini menjadi dua ras, yaitu ras T.c. capellei (wilayah sumatera, Jawa, dan Kalimantan) dan ras T.c. magnirostris (yang hidup di wilayah semenanjung Malaysia). Namun karena perbedaannya dianggap belum nyata, sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Tempat hidup dan kebiasaan

Hidup sendirian atau berpasangan, dan sering dijumpai berkelompok di pohon buah-buahan saat makan. Menyukai tempat-tempat terbuka di dalam hutan primer dari dataran rendah sampai ketinggian 1300 mdpl.

Galeri:
punai-besar.jpg
Sumber : http://www.kutilang.or.id

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates