Social Icons

Thursday, August 14, 2014

Belibis Polos

Belibis Polos, Kemujan, TN Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Lesser Whistling Duck
Dendrocygna javanica (Horsfield, 1821)

Belibis polos (Dendrocygna javanica) atau belibis batu adalah spesies burung dari keluarga Anatidae, dari genus Dendrocygna. Belibis polos merupakan burung pemakan tumbuh-tumbuhan, vertebrata yang berhabitat di danau, rawa, hutan mangrove, sawah.

Badan

Tubuh berukuran sedang (41 cm). Warna coklat kemerahan, sangat mirip dengan Belibis kembang: Mahkota gelap. Kepala dan leher kuning kebo. Punggung coklat. Bagian bawah coklat kemerahan. Perbedaan dengan Belibis kembang: ukuran lebih kecil, tak ada warna hitam dan putih pada bulu tepi. Iris coklat, paruh hitam, kaki abu-abu gelap. Terbang dengan bersuara berisik. Sering dalam jumlah yang banyak. Sarang berupa tumpukan rumput, pada tepi paya, sungai, atau di lubang pohon. Telur berwarna krem, jumlah 8-10 butir. Berbiak bulan Februari, Maret, September, November.


Suara

Melengking, siulan berirama “sisik, sisik” sewaktu terbang.

Penyebaran dan ras



Pakistan, India dan Sri Lanka ke timur sampai China tenggara dan Taiwan, serta ke selatan sampai Asia tenggara, dan Sunda Besar.


Tempat hidup dan Kebiasaan


Penetap dan cukup umum di beberapa tempat di Sumatera, Kalimantan selatan, dan Jawa. Ditemukan dalam kelompok kecil di danau, rawa, hutan mangrove, dan sawah. Bersarang pada lubang pohon bekas sarang burung lainnya, atau pada tumpukan ranting dekat permukaan tanah. Jumlah telur 6-12 butir setiap periode berbiak.

Galeri

 

Sumber : http://www.kutilang.or.id

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates