Social Icons

Wednesday, August 6, 2014

Pergam Punggung-hitam


Pergam Punggung-hitam, williami, Ijen Jawa Timur. Dark-backed Imperial Pigeon
Ducula lacernulata (Temminck, 1823)


Badan

Besar (36-45 cm)., berwarna pucat-gelap. Kepala, leher, dan tubuh bagian bawah abu-abu kemerahjambuan. Tubuh bagian atas abu-abu tua kecoklatan dengan garis lebar abu-abu pada ujung ekor. Mirip dengan Pergam gunung, bedanya bulu penutup ekor bagian bawah pada Pergam gunung berwarna kuning tua, dan warna bulu punggungnya lebih gelap berwarna merah padam. Iris coklat kemerahan, paruh abu-abu gelap, kaki merah-ungu.

Suara

Mirip pergam gunung. Suara dalam yang khas, berdering keras, “hooh oo”. Dengan tekanan pada nada kedua, dan beberapa variasi lainnya.

Persebaran dan ras

Endemik Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, dan Flores. Terdapat variasi warna pada kepala yang menjadi dasar pembedaan subspesies selain daerah persebaran; abu-abu di Jawa Barat, merah-jambu di Jawa Timur dan Bali, dan abu-abu pucat di NTB. Terdapat tiga sub-spesies yang dikenal:
  • lacernulata (Temminck, 1823) – Jawa Barat.
  • williami (Hartert, 1896) – Jawa Timur dan Bali.
  • sasakensis (Hartert, 1896) – Lombok, Sumbawa dan Flores.
Tempat hidup dan Kebiasaan

Aktif pada pagi dan sore hari di hutan pegunungan, hutan perbukitan, dan hutan Casuarina (di Flores)  pada rentang ketinggian antara 400 – 1600 mdpl. Saat siang hari, duduk diam pada bagian bawah pepohonan.

Galeri


Sumber : http://www.kutilang.or.id

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates