Social Icons

Tuesday, August 12, 2014

Pelatuk Kumis-Kelabu


Pelatuk Kumis-kelabu, TN Baluran, Situbondo, Jawa Timur.
Checker-throated Woodpecker. Picus mentalis Temminck, 1825

Badan

Berukuran sedang (27 cm), berwarna hijau dengan sayap merah dan ekor hitam. Jambul panjang, berujung kuning, tetapi tanpa warna merah. Kerah jingga dan tenggorokan berpola belang hitam dan putih khas. Daerah malar pada jantan berpola belang sedangkan pada betina berwarna coklat berangan. Iris merah, paruh atas hitam dan paruh bawah abu-abu, kaki hijau.

Suara 

Suara halus yang menarik ke atas “kwii” atau “cok”, tidak seperti suara pelatuk lain.

Penyebaran dan ras

Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Bangka, dan Jawa bagian barat. Terdiri dari dua sub-spesies:
  • humii (Hargitt, 1889) – Myanmar (Tenasserim bagian selatan) dan Semenanjung Thailand selatan sampai Sumatra (termasuk P. Bangka) dan Kalimantan.
  • mentalis Temminck, 1825 – Jawa bagian barat.
Tempat hidup dan Kebiasaan

Penghuni hutan dataran rendah dan pegunungan sampai ketinggian 1600 m yang cukup umum ditemui di Sumatera dan Kalimantan, sedangkan di Jawa agak jarang. Lebih menyukai lapisan tengah hutan, kadang-kadang juga terlihat di pinggir hutan atau mendatangi lahan pertanian. Memakan semut, rayap, larva, kumbang, belalang dan serangga lain dan kadang-kadang buah-buahan. Di Jawa Barat tercatat berbiak pada bulan Maret. Telur dua atau tiga butir berwarna putih yang diletakkan pada lubang sarang burung khas pelatuk.

Galeri



Sumber : http://www.kutilang.or.id

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates