Social Icons

Friday, August 15, 2014

Rangkong badak

Rangkong badak adalah atau dalam Bahasa Latinnya, buceros rhinoceros burung yang tinggal di hutan hujan tropis Kalimantan.

Pengenalan

Burung rangkong badak berukuran sangat besar, yaitu 110-127 cm. Burung ini adalah salah satu jenis dari burung rangkong yang terbesar. Burung ini hidup juga di hutan Sumatera, dan Jawa. Burung ini kehilangan tempat tinggal akibat eksploitasi hutan dan makanannya yang berkurang.

Yang terakhir adalah Rangkong. Rangkong Badak ( Buceros rhinoceros ) berukuran sangat besar ( 110 cm), berwarna hitam dan putih. Paruh dan tanduk besar di atas paruh berwarna merah-kuning. Ekor putih mencolok, dengan garis hitam lebar melintang. Kepala, punggung, sayap, dan dada hitam, perut putih, dan paha putih. Iris putih sampai biru ( betina) atau merah ( jantan), kulit di sekitar mata abu-abu gelap, paruh kuning berpangkal merah dengan tanduk melengkung ke atas, kaki abu-abu kehijauan. Rangkong papan ( Buceros bicornis), berukuran sangat besar 125 cm, berwarna hitam dan krem. Ada garis hitam lebar melintang pada ekor yang putih dan garis putih kekuningan pada sayap yang hitam. Paruh dan tanduk kuning, tanduk gepeng dan cekung ke atas. Muka hitam, leher dan dada yang berbulu putih kadang-kadang dikotori warna kuning. Enggang berleher hitam dan bertanduk lebih besar, dengan asal-usul yang tidak diketahui, kadang-kadang muncul dalam koleksi burung sangkar, ( diduga kuat merupakan hasil persilangan antar jenis ini dan rangkong badak). Iris merah ( jantan) atau keputih-putihan ( betina), paruh kuning dan kaki hitam. Rangkong Gading ( Buceros vigil )
Makanan

Ada 200 jenis pohon Ara yang menjadi pakan utama rangkong,termasuk rangkong badak. Dan bila dibanding burung lainnya, rangkong dianggap paling mampu dalam menebarkan biji ara, karena daya jelajahnya yang tinggi.

Galeri



Sumber : http://id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates